Worro Sudarmo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Ternyata Aku Lupa Membuka Jendela (#Tantangan menulis 30 hari, hari ke-2)

Ternyata Aku Lupa Membuka Jendela

Oleh Worro Sudarmo

Lima puluh tahun lebih, ternyata aku telah lupa membuka jendela. Pandanganku hanya seputar dan sebatas luas dinding kamarku. Senangku hanya berbagi dengan dinding kamarku. Dukaku hanya seduka dinding kamarku. Jauh pandang mataku hanya membentur persegi empat dinding kamarku. Padahal, ternyata setelah kubuka jendela dengan susah payah, oh alangkah luas dunia ini! Setelah kubuka satu-satu jendela kamarku, ternyata, oh sungguh kaya dunia ini! Aneka warnanya bukan hitam putih bunga-bunga jiwaku. Aku sertamerta kaget. Kupikir dia putih, ternyata abu-abu. Bahkan acapkali menjadi hitam. Kupikir dia hitam, ternyata juga aneka warna yang tiba-tiba saja cepat berganti hanya seukuran kedip mata.

Aku tak tahu. Salahkah ketertutupan jendelaku selama lebih dari lima puluh tahun? Mungkin karena bodohku. Mungkin karena kebersahajaan pikiranku. Mungkin juga karena kelurusan jalanku yang menyebabkan kuterlambat insaf bahwa di depan sana bisa saja muncul tikungan, tanjakan, turunan, bahkan gelombang yang tak tertebak geraknya. Yang pasti, betapa terkejut aku tatkala kusadar bahwa di luar, melalui bingkai jendela yang terbuka lebar, tampaklah aneka cakrawala dengan dengan bermacam bentuk dan rupa, warna dan nuansa.

Mungkin aku terlambat. Tetapi aku harus yakin masih memiliki waktu untuk tidak sekadar memandang dari balik jendela yang ternyata telah sangat lama lupa kubuka. Tetapi tentu saja, hitam-putihku harus tetap kujaga. Semoga Allah tetap memberiku kuasa untuk tidak ternoda oleh warna-warna lain yang bisa saja merusak harmoni jiwa. Yang penting kewaspadaanku tak bosan mengawal untuk menikmati luasnya pandangan dari jendela yang memang harus kubuka. []

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih. Bagusnya, jendela yang mana, ya ?

20 Feb
Balas

Bagus pak tulisannya. Madih bisa disambung tuh pak. Jendela mana saja yg mau di buka

19 Feb
Balas



search

New Post